Sejarah Domestikasi Kucing


Ada banyak versi yang menyebutkan bagaimana manusia mulai pertemannanya dengan kucing. Para naturalis dan praktisi kucing banyak berdebat mengenai hal tersebut. Sebuah sumber menyebutkan bukti arkeologi tetua dari kucing peliharaan ditemukan di Siprus, kira-kira berumur 7.500 sebelum masehi (SM). Pada Situs neolotik (9.500 Sebelum saat ini) di shilourokambos, Siprus selatan, terdapat pemakaman kucing yang berdekatan dengan pemakaman manusia.

Sementara di hacilar, Turki, ditemukan patung-patung perempuan yang membawa kucing atau figur berbentk menyerupai kucing di tangan mereka. Terlepas dari masih adanya perdebatan mengenai bentuk-bentuk patung tersebut. Apakah benar merupakan pengambaran dari kucing atau bukan.Patung-patung tersebut diperkirakan dibuat pada tahun 6.000 SM. KUcing dipercaya dipelihara untuk memburu tikus yang menjadi musuh para petani gandum.

Namun teori dometikasi kucing paling banyak diikuti sampai saat ini adalah pada zaman peradaban Mesir. Kerangka kucing ditemukan di sebuah makam predynastic (tahun 3.700 SM0 di Hierakonpolis dapat menjadi bukti sahih. Kucing tersebut diperkirakan berusia muda dan berjenis kelamin jantan. Reanalisis dari fosil kucing ini telah mengidentifikasi spesies kucing tersebut adalah Felis chaus, kucing hutan berukuran medium yang memang hidup di Mesir, Asia tengah, Selatan, dan Barat. Bahkan penyebaran populasinya juga mencapai Asia tenggara.

Dimasa lalu kucing dipelihara dan dibiakkan untuk berbagai keperluan. termasuk di mesir, miw atau miu, sebuatn untuk kucing kala itu yang pasti mengacu pada suara yanga dihasilkannya, digunakan untuk membunuh ular berbisa dan tikus di rumah-rumah muapun di lumbung-lumbung. semntara saat ini kucing dipelihara lebih banyak bertujuan untuk dijadikan teman alias binatang kesayangan bukan untuk bekerja.

ditulis ulang dari Breeding aneka kucing  Ras (Majalah Flona-PT Samindra Utama)

0 komentar:

Poskan Komentar

Jangan lupa commentnya, tapi no spam

Subscribe via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Please Note:

Artikel disitus ini hanyalah ditulis oleh mahasiswa coas kedokteran hewan dan belum ditulis oleh seorang dokter hewan dan tidak boleh dianggap sebagai acuan pengganti untuk tidak berkunjung ke dokter hewan. Atikel yang disediakan hanyalah bersifat informatif.

Selalu biasakan berkonsultasi mengenai masalah kesehatan hewan kesayangan anda pada dokter hewan kepercayaan anda. Tidak ada jaminan terhadap keakuratan dan kesembuhan terhadap saran pengobatan yang dituliskan dalam artikel ini. Jika terdapat keraguan mengenai informasi yang ada, segeralah berkonsultasi kepada dokter hewan.



 

anekaKucing ♣ ♣ ♣ Mamanunes Templates ♣ ♣ ♣ Inspiration: Templates Ipietoon
Ilustration: Gatinhos - tubes by Jazzel (Site desativado)