Cara memotong kuku kucing kesayangan anda (Dilengkapi dengan Foto)


Memotong kuku kucing biasanya diperlukan dan mungkin bisa menjadi kewajiban bagi pemilik hewan terutama kucing dan erat kaitannya dengan perilaku alamiah kucing yaitu mengaruk. Menggaruk adalah perilaku alami kucing dan diperlukan oleh kucing. Pemilik tidak dapat mengajar atau melarang kucing kesayangan mereka untuk tidak pernah menggaruk. Namun, Anda sebagai pemilik dapat memberikan permukaan atau tempat untuk menggaruk dan kemudian mengajar mereka hanya untuk menggaruk pada permukaan itu saja. Sehingga penting untuk mengajarkan kucing kesayangan anda sejak dini akan kebiasaan mengaruk hanya pada tempat dimana tempat untuk mengaruk. Kebiasaan alamiah kucing (mengaruk atau mencakar), sebenarnya akan sangat merugikan kita sebagai pemilik. Terutama pemilik yang memelihara kucing didalam rumahnya.

Sebagai besar pemilik mengeluhkan adanya bekas garukan atau cakaran dari kucing kesayangaan mereka pada bagian rumah atau properti yang tentunya tidak dikehendaki. Terlebih properti ataupun itu yang memiliki bekas cakaran merupakan properti atau benda yang memiliki nilai yang sangat berarti.
Sebagian besar kerusakan-kerusakan disebabkan garukan oleh cakar kuku kucing depan, kucing yang mencakar biasanya tanpa pandang bulu.Dengan meluangkan waktu sekitar 10 menit, kita sebagai pemilik tentunya dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tersebut sekaligus menghemat biaya kunjungan kita sebagai pemilik ke pet grommer profesional.

Berbeda dengan kucing yang hidup di lingkungan luar, kuku-kuku mereka tidak perlu dipotong. Kucing-kucing yang banyak menghabiskan kebiasaan mereka dilingkungan luar biasanya memerlukan kuku-kuku sebagai senjata untuk defensif atau pertahanan. Untuk kucing-kucing yang lebih tua atau kucing yang menderita kasus rematik terlihat kurang aktif, sehingga kuku-kuku mereka kurang terawat dikarenakan mereka malas untuk menggarukan atau mencakar kuku-kuku mereka sebagai usaha untuk menghilangkan lapisan-lapisan atau selubung luar kuku yang tua, sehingga dalam kasus-kasus, Anda mungkin perlu memotong kuku kembali. Jika pemilik kucing tidak rutin memotong kuku kucing, kuku kucing dapat tumbuh memanjang hingga dapat melukai bantalan kaki kucing akibatnya kucing akan merasakan sakit saat menumpukan kaki mereka.

Disarankan sebagai pemilik kucing, untuk membiasakan memotong kuku kucing sejak usia dini atau kucing masih kecil. Dengan demikian kucing akan terbiasa dan menjadi lebih tenang saat kuku mereka dipotong. Hal ini dapat dilakukan dengan lembut memegang kaki kucing Anda. Beberapa kucing abiasanya kurang senang atau tidak nyaman bila kuku mereka akan dipotong. Dalam kasus seperti itu saya sarankan Anda untuk memotong kuku kucing kesayangan anda sedikit demi sedikit(per jari). Anda juga dapat melakukannya perbagian kaki kucing untuk satu hari sehingga kucing tidak merasa stress, bahkan anda bisa melakukannya saat kucing anda tidur siang. Secara bertahap anda bisa sampai memangkas cakar keseluruhan, lalu dua, lalu empat. Selain itu, anda bisa mengajak kucing anda suatu permainan atau bisa memberikan suatu makanan untuk mengecohkan perhatian kucing kesayangan anda kepada kuku mereka.
* Pegang cakar kucing di tangan Anda dengan jari-jari Anda mengunakan ibujari dan jari telunjuk.
* Dengan lembut tekan salah satu jari kaki hingga kuku kucing anda terlihat menyembul keluar dari sarungnya.

Kuku kucing
Perhatikan bagaimana di tengah-tengah cakar terdapat bagain merah muda, pada bagain ini terdapat pembuluh darah dan syaraf. Ingat bagian ini jangan ikut terpotong karenan akan menimbulkan perdarahan dan rasa sakit bagi kucing.Jika Anda tanpa sengaja memotong segera tekan bagian yang berdarah menggunakan kapas hingga pendarahan mengering. selanjutnya bisa andah berikan iodine. Jika pendarahan terus berlanjut, berikan bedak obat penahan darah atau tepung jagung dapat digunakan untuk menghentikan pendarahan. Bila ada gunakan Kalium dari Permaganate.



Gunting kuku yang digunakan bisa mengunakan kunting kuku biasa bagi manusia, tetapi Anda juga dapat membeli gunting kuku khusus untuk kucing, ini harus tersedia dari pet shop. Gunting kuku yang digunakan harus sangat tajam karena bila tumpul dapat menghancurkan kuku.




Kuku kucing yang sudah dipotong
Perlu diperhatikan : Beberapa pemilik kucing kesayangan juga memotong kuku belakang kucing kesayangan mereka. Sebenarnya, memotong kuku belakang kucing tidak perlu dilakukan dikarenakan kuku belakang kucing biasanya tidak terlalu digunakan untuk mengaruk. Potonglah kuku kucing kesayangan anda secara rutin 3-4 minggu sekali atau bila anda merasakan kuku kucing kesayangan anda sudah sangat panjang.



Sumber gambar : http://www.cat-world.com.au/how-to-trim-your-cats-claws

0 komentar:

Poskan Komentar

Jangan lupa commentnya, tapi no spam

Subscribe via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Please Note:

Artikel disitus ini hanyalah ditulis oleh mahasiswa coas kedokteran hewan dan belum ditulis oleh seorang dokter hewan dan tidak boleh dianggap sebagai acuan pengganti untuk tidak berkunjung ke dokter hewan. Atikel yang disediakan hanyalah bersifat informatif.

Selalu biasakan berkonsultasi mengenai masalah kesehatan hewan kesayangan anda pada dokter hewan kepercayaan anda. Tidak ada jaminan terhadap keakuratan dan kesembuhan terhadap saran pengobatan yang dituliskan dalam artikel ini. Jika terdapat keraguan mengenai informasi yang ada, segeralah berkonsultasi kepada dokter hewan.



 

anekaKucing ♣ ♣ ♣ Mamanunes Templates ♣ ♣ ♣ Inspiration: Templates Ipietoon
Ilustration: Gatinhos - tubes by Jazzel (Site desativado)