Kucing Makan Rumput, Normal atau tidak?


Suatu ketika tanpa sengaja anda menemukan kucing anda atau kucing liar sedang makan rumput. Sebagian orang mungkin tidak mengetahuinya, ada yang berpikir perilaku ini sepertinya tidak normal. Ah (pikir anda), sepertinya kucing ini sedang sakit. Memang benar, biasanya kucing makan rumput ada kaitannya dengan gangguan dalam pencernaan mereka. Normalnya, kucing adalah hewan karnivora. Kucing bukan hewan herbivora, namun di sisi lain ternyata kucing membutuhkan kebiasaan sebagai herbivora untuk suatu alasan tertentu. Namun, kebiasaan ini bila terjadi terus menerus yang mengakibatkan terjadinya perubahan carnivora menjadi herbivora dalam kehidupan si kucing (gangguan perilaku normal kucing) karena Kucing tidak dapat memproduksi enzim untuk mencerna tanaman.

Ada berbagai alasan mengenai perilaku mengapa kucing memakan rumput. Kebiasaan makan rumput bagi kucing, bisa disebabkan kucing memiliki gangguan pada perut mereka atau gangguan pencernaan. Dengan mengkonsumi rumput, si kucing mengarapkan gangguan pencernaan yang dideritanya menghilang atau berkurang. Coba anda perhatikan kembali kucing tersebut, biasanya kucing setelah memakan rumput. Kucing akan diam sesaat, dan suatu ketika anda akan melihat si kucing akan memperlihatkan reaksi seperti mual dan memuntahkan sesuatu. Perhatikan baik-baik ada yang aneh disini, kucing bukan mengalami keracunan karena makan rumput. Memang benar kucing dapat mengalami keracunan karena tanaman tertentu. Sebenarnya kucing punya insting tertentu mengenai apa yang dimakan oleh mereka, berbahayakah atau tidak.
Untuk kucing yang tidak muntah setelah konsumsi tanaman itu mungkin mereka membutuhkan beberapa serat dalam diet.
Muntahan kucing ini,jika anda amati. Ada yang aneh dalam mutahan kucing tersebut. Jika anda tidak jijik, cobalah untuk mengamati lebih jauh atau mengacak-acak muntahan tersebut. Terkadang muntahan dapat berisikan rambut, tulang atau benda asing lainya. Ternyata, dengan memakan rumput si kucing berusaha untuk mengeluarkan benda asing yang ada dalam tubuhnya.

Sebagai pemilik hewan kesayangan (kucing), perlu diketahui bahwa kucing tidak memiliki kemampuan untuk memisahkan tulang, daging, rambut dalam makanan secara benar.Anda dapat mengamati saat kucing anda diberi makan daging ayam atau ikan yang masih dilengkapi dnegan tulang. Coba lihat, hampir semua bagiannya termasuk tulang akan dimakan. Tentunya hal ini dapat membahayakan sikucing, suatu ketika ternyata tulang yang dimakan bisa saja dapat meyebabkan gangguan pencernaan atau menjadi benda asing. Sehingga, untuk mengeluarkan benda asing tersebut kucing berusaha mengeluarkannya dengan memakan rumput.

Perhatian bagi pemilik kucing indor, Jika kucing Anda tidak dapat mendapatkan akses untuk memakan rumput saat diperlukan. Sebaiknya anda menyediakan satu pot yang ditanami rumput didalam rumah anda, sehingga suatu ketika kucing anda memerlukan rumput untuk mengurangi gangguan pencernaan. Si kucing tidak mencari-cari atau mencoba memakan tanaman yang berbahaya. Hal ini dapat berbahaya karena beberapa rumah tanaman dan bunga yang beracun untuk kucing.

0 komentar:

Poskan Komentar

Jangan lupa commentnya, tapi no spam

Subscribe via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Please Note:

Artikel disitus ini hanyalah ditulis oleh mahasiswa coas kedokteran hewan dan belum ditulis oleh seorang dokter hewan dan tidak boleh dianggap sebagai acuan pengganti untuk tidak berkunjung ke dokter hewan. Atikel yang disediakan hanyalah bersifat informatif.

Selalu biasakan berkonsultasi mengenai masalah kesehatan hewan kesayangan anda pada dokter hewan kepercayaan anda. Tidak ada jaminan terhadap keakuratan dan kesembuhan terhadap saran pengobatan yang dituliskan dalam artikel ini. Jika terdapat keraguan mengenai informasi yang ada, segeralah berkonsultasi kepada dokter hewan.



 

anekaKucing ♣ ♣ ♣ Mamanunes Templates ♣ ♣ ♣ Inspiration: Templates Ipietoon
Ilustration: Gatinhos - tubes by Jazzel (Site desativado)