Cara Memandikan Kucing Kesayangan Anda


Seperti halnya manusia, kucing peliharaan anda juga butuh untuk dimandikan agar kebersihannya senantiasa terjaga. Selain, itu dengan senantiasa selalu menjaga kebersihan kucing kesayangan anda. Maka kucing kesayangan anda akan terhindar dari penyakit terutama penyakit kulit seperti jamur(Ring worm), kutu, pinjal dan lain sebagainya. Tentunya frekuensi memandikan kucing dan jenis shampoo yang digunakan tergantung pada kondisi kucing tersebut. Biasanya kucing yang aktivitasnya selalu berada dalam ruangan tidak perlu terlalu sering dimandikan, begitu pula kucing yang rajin membersihkan dirinya sendiri (menjilat bulu). Kebiasaan kucing kesayangan anda biasanya mengikuti kebiasaan majikan itu sendiri. Cobalah anda perhatikan fisiologis kucing anda, kebiasaan anda biasanya mempengaruhi kucing anda. Biasanya kucing dimandikan 1-2 kali sebulan.
Perhatian bagi pemiliki kucing : Overbathing/ kucing yang terlalu sering dimandikan dapat menghapus atau mengikis minyak alami yang penting untuk melindungi kulit dari mikroba dan benda asing. Apabila kucing anda terserang kutu/parasit lainnya, gunakanlah shampo yang mengandung antikutu/anticaplak sedangkan untuk kucing yang kulitnya normal gunakan shampo khusus kucing biasa, jangan gunakan shampoo untuk anjing dan manusia karena ph kulitnya berbeda dan bahan kimia yang ada dalam shampoo tersebut dapat meracuni kucing karena memang tidak khusus untuk kucing. Anak kucing dapat dimandikan minimal berumur 3 bulan. Bila anda tidak mau repot, anda bisa membawa kucing anda ke grommer profesional untuk memandikan kucing kesayangan anda.

Seperti yang anda ketahui, kebanyakan kucing tidak suka air. Sebelum mandi sumpal telinga kucing dengan bola kapas agar air tidak masuk kedua telinga. Masuknya air kedalam telinga kucing dapat menyebarkan terjadinya otitis bila air yang masuk ke dalam telinga tidak segera dikeringkan.Jangan lupa untuk memotong kuku kucing anda untuk mengindari terjadinya cakaran saat memandikannya. Selalu mulai dengan menyikat/ menyisir mantel rambut kucing kesayangan anda terlebih dahulu sehingga saat memandikannya dan ketika rambut masih basah, anda tidak direpotkan dengan adanya penggumpalan kotoran atau rambut pada mantel.

Kucing biasanya akan memberontak saat anda membilas mereka dengan air. Ada trik agar kucing anda tak terlalu menolak saat dimandikan, gunakanlah air hangat untuk memandikan kucing kesayangan anda. Biasanya jika anda menggunakan air dingin/air biasa, kucing biasanya memberontak akibat kedinginan. Selain itu, trik selanjutnya, perhatikan kebiasaan kucing. Biasanya kucing selalu mencakar ke sekitarnya saat dimandikan. Agar kucing tak selalu memberontak, dan mencakar berikan sesuatu seperti keset atau handuk, bisa juga anda berikan kawat seperti kasa nyamuk tetapi dengan lubang yang agak besar dan struktur kawat yang kuat sehingga kucing akan mencengkram kuat kawat tersebut sebagai pegangannya. Perlu diingat, penggunaan kawat ini harus diperhatikan karena bisa saja dapat melukai sekitar jari kucing kesayangan anda.
Pegang kucing dengan lembut dan tegas, tangan kanan memegang bagian punuk kucing dan tangan lainya memegang kaki jika perlu. Arahkan punuk yang dipegang menghadap diri anda. Dengan demikian, mengurangi resiko cakaran kucing saat dimandikan.
Segera bilas seluruh tubuh kucing kesayangan anda, ingat jangan sampai telinga kucing kemasukan air. Selanjutnya beri sampo pada tubuh kucing kecuali area kepala agar air bilasan tidak mengiritasi mata kucing. Bila terkena, segera bilas mata kucing kesayangan anda hingga bersih. Bila perlu berikan oabat tetes mata untuk menghilagi iritasi. Bila belum sembuh hubungi dokter hewan kepercayaan anda segera mungkin.
Selanjutnya bersihkan dan bilas kucing kesayangan anda hingga bersih. Perlu diingat, bilas sampoo hingga bersih jangan sampai tersisa karena dapat menyebabkan iritasi. Untuk bagian muka kucing, cukup anda basuh dengan tangan anda yang telah dibasahi. Jangan lupa bersihkan daerah mata bila terdapat kotoran mata.
Cara lain, mungkin anda bisa menggunakan dua buah wadah berisi air hangat. Satu wadah atau bak mandi digunakan untuk memasukan atau menengelamkan kucing. Setelah tubuh kucing basah, tubuh kucing sembari di beri sampo dan di berisihkan hingga berbusa dan hingga sampo yang menempel habis. Selanjutnya, pindahkan kucing ke bak mandi yang lainnya untuk membilasnya.

Segera keringkan kucing kesayangan anda menggunakan handuk. Bungkus kucing kesayangan anda dengan handuk diamkan beberapa menit hingga air diserap handuk. Bila perlu anda dapat menggunakan pengering rambut atau hair dryer (tetapi jangan yang udara panas karena dapat merusak mantel kucing kesayangan anda selain itu beberapa kucing mungkin risih dengan suara yang ditimbukan oleh hair dryer). Gunakan pengering udara biasa atau kipas. Anda dapat menyisir rambut kucing sembari dikeringkan dengan hair dryer atau kipas sehingga mempercepat pengeringan rambut dan rambut terlihat mengembang dan halus.

Selain dengan memandikan kucing kesayangan anda menggunakan air. Anda juga dapat mengunakan sampoo kering seperti kalsium karbonat atau bedak seperti bedak bayi. Biasanyapenggunaan sampo kering, digunakan pada kucing yang memiliki matel yang terlalu berminyak. Setelah ditaburi, diamkan selama kira-kira 20menit. Bersihkan dengan menyisir kucing anda untuk melepaskan bedak atau jenis sampo kering yang digunakan.

2 komentar:

Gudang Ilmu on 22 April 2010 22.33 mengatakan...

pantesan kucing saya suka gak mau dimandiin ternyata harus pake air hangat
thank nie infonya heheh

iercatlover on 5 Maret 2011 13.01 mengatakan...

dikasih air hangat tau dingin dikasih buat pegangan cakarnya juga gak ngaruh kucing saya tetap memberontak

Poskan Komentar

Jangan lupa commentnya, tapi no spam

Subscribe via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Please Note:

Artikel disitus ini hanyalah ditulis oleh mahasiswa coas kedokteran hewan dan belum ditulis oleh seorang dokter hewan dan tidak boleh dianggap sebagai acuan pengganti untuk tidak berkunjung ke dokter hewan. Atikel yang disediakan hanyalah bersifat informatif.

Selalu biasakan berkonsultasi mengenai masalah kesehatan hewan kesayangan anda pada dokter hewan kepercayaan anda. Tidak ada jaminan terhadap keakuratan dan kesembuhan terhadap saran pengobatan yang dituliskan dalam artikel ini. Jika terdapat keraguan mengenai informasi yang ada, segeralah berkonsultasi kepada dokter hewan.



 

anekaKucing ♣ ♣ ♣ Mamanunes Templates ♣ ♣ ♣ Inspiration: Templates Ipietoon
Ilustration: Gatinhos - tubes by Jazzel (Site desativado)