Perbandingan Umur Kucing Dengan Manusia



Jika anda menanyakan, berapakah lama hidup kucing kesayangan anda? Apakah dapat hidup sama seperti umur manusia? seringkali pertanyaan-pertanyaan tersebut muncul pada sebagian besar pemilik hewan kesayangan. Dokter hewan meyakini bahwa dalam menentukan umur hewan bisa berdasarkan pada gigi hewan tersebut. Gigi hewan menjadi petunjuk dalam penentuan umur hewan. Sepertinya hal ini telah menjadi suatu kebiasaan dalam penentuan umur hewan. Namun, bagi orang awaw penentuan berdasarkan gigi memang lah tak semudah yang dibayangkan. Butuh keahlian dan pengalaman sehingga penentuan umur hewan dapat tepat.

Cat owner home veterinary handbook "Aturan umum adalah bahwa satu tahun kucing adalah setara dengan tujuh tahun manusia, tapi ini tidak akurat. Usia Kucing memiliki perbandingan yang berbeda dari manusia. Beberapa kucing ada yang setara lebih dari tujuh tahun, dan ada pula yang lebih sedikit. Sebagai contoh, anak kucing membutuhkan sekitar satu tahun untuk tumbuh menjadi dewasa tubuh,sementara pada manusia,anak-anak jauh lebih lama. Jadi, tahun pertama kehidupan kucing mungkin setara dengan sekitar 15-16 tahun seorang anak.

Selain itu, tidak semua kucing usia pada tingkat yang sama. Usia biologis seekor kucing tergantung pada warisan genetik, gizi, kesehatan secara keseluruhan, dan Lingkungan serta perilaku hewan. Kucing ras Siam terkena memiliki rengtang waktu hidup longlived, sedangkan kucing ras Persia cenderung tidak bertahan cukup lama.

Berikut ini suatu teknik dalam penentuan Umur kucing kesayangan anda.
Sebelumnya perlu diketahui kapan kucing kesayangan lahir. Umur 15 tahun pada manusia ternyata pada kucing merupakan tahun pertama kucing anda. Perhitungan ini didasarkan pada perbandingan usia ketika kucing dan manusia dewasa. Kucing mencapai kematangan seksual sekitar akhir tahun pertama mereka, dibandingkan dengan manusia mencapai masa remaja saat pertengahan.
Selanjutnya tambahkan sembilan tahun lagi untuk tahun kedua
hidup kucing anda. Jumlah ini hanya perkiraan dan tergantung pada jenis kucing. Misalnya, kucing ras Maine Coon hanya sampai tiga sampai lima tahun.

Untuk setiap tahun berikutnya umur kucing anda di tambahkan empat tahun. Namun, masih ada tingkat perkembangan umur yang cepat dibandingkan dengan manusia tapi kurang daripada dalam dua tahun pertama. Konversi umur kucing anda ke umur manusia dengan menambahkan.


Tabel conversi usia kucing dan relatif setara dengan umur manusia:
umur kucing : umur manusia
1 : 15
2 : 24
3 : 28
4 : 32
5 : 36
6 : 40
seterusnya

Sumber bacaan : http://cats.about.com
Cats owner veterinary handbook

1 komentar:

Kaega mengatakan...

Waahhh..ternyata begitu tohh..
ternyata kucing cepat dewasa hehehe..

Posting Komentar

Jangan lupa commentnya, tapi no spam

Subscribe via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Please Note:

Artikel disitus ini hanyalah ditulis oleh mahasiswa coas kedokteran hewan dan belum ditulis oleh seorang dokter hewan dan tidak boleh dianggap sebagai acuan pengganti untuk tidak berkunjung ke dokter hewan. Atikel yang disediakan hanyalah bersifat informatif.

Selalu biasakan berkonsultasi mengenai masalah kesehatan hewan kesayangan anda pada dokter hewan kepercayaan anda. Tidak ada jaminan terhadap keakuratan dan kesembuhan terhadap saran pengobatan yang dituliskan dalam artikel ini. Jika terdapat keraguan mengenai informasi yang ada, segeralah berkonsultasi kepada dokter hewan.



DonkeyMails.com: No Minimum Payout
 

anekaKucing ♣ ♣ ♣ Mamanunes Templates ♣ ♣ ♣ Inspiration: Templates Ipietoon
Ilustration: Gatinhos - tubes by Jazzel (Site desativado)