Cara Mengukur Suhu Tubuh Kucing


Mengetahui suhu tubuh kucing kesayangan anda merupakan salah satu persyaratan dalam mendignosa apakah kucing anda sedang dalam kondisi yang tidak sehat. Cara pengukuran suhu tubuh kucing tentunya berbeda dengan cara pengukuran suhu tubuh pada manusia. Cara yang efektif untuk mengukur suhu tubuh kucing kesayangan anda adalah dengan menggunakan termometer rektal.Mungkin lebih tepatnya nama pengukuran suhu tubuh kucing ini adalah suhu rektal. Cara ini adalah salah satu cara yang umumnya digunakan dalam mengukur suhu tubuh pada kucing walaupun tercapat cara lain yaitu menngunakan termometer telinga. Dilihat dari segi biaya, mungkin pengaplikasin termometer telinga lebih mahal bila dibandingkan dengan termometer rektal terlebih lagi untuk diklinik penggunaan termometer telinga masih jarang.

Pengukuran suhu tubuh atau suhu rektal kucing biasanya mengunakan termometer digital atau termometer biasa (raksa). Dilihat dari segi kenyamanan dalam penggunaannya dan tentunya
memperhatikan kenyamanan bagi kucing yang akan diukur suhu nya. Temometer digital lebih nyaman dan suhu yang diterima lebih cepat ketimbang menggunakan termometer biasa.

Cara mengukur suhu tubuh kucing :
  • Posisikan tubuh kucing yang akan di ukur suhu tubuh /rektal senyaman mungkin bagi kucing tersebut.
  • Biasanya pengukuran dilakukan dengan posisi kucing berdiri.
  • Angkat ekor kucing, masukan termometer yang akan anda gunakan dengan gerakan sedikit memnutar dan secara lembut masukkan probe atau pembaca suhu ke dalam rektum 1 sampai 1,5 inci (25-38 mm).
  • Pegang termometer di tempat selama lebih kurang satu menit (atau hingga terdengar bunyi yang menandakan suhu tercapai disertai indikator nilai suhu tidak berubah).
  • Catat suhu yang diperoleh.
Tips:
  • Bersihkan termometer setelah digunakan dengan alkohol untuk menghindari transfer penyakit.
  • Probe termometer sebaiknya agak ditekan ke dinding rektum guna menghindari kesalahan pembacaan suhu karena probe membaca suhu feses bukan suhu rektal.

0 komentar:

Poskan Komentar

Jangan lupa commentnya, tapi no spam

Subscribe via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Please Note:

Artikel disitus ini hanyalah ditulis oleh mahasiswa coas kedokteran hewan dan belum ditulis oleh seorang dokter hewan dan tidak boleh dianggap sebagai acuan pengganti untuk tidak berkunjung ke dokter hewan. Atikel yang disediakan hanyalah bersifat informatif.

Selalu biasakan berkonsultasi mengenai masalah kesehatan hewan kesayangan anda pada dokter hewan kepercayaan anda. Tidak ada jaminan terhadap keakuratan dan kesembuhan terhadap saran pengobatan yang dituliskan dalam artikel ini. Jika terdapat keraguan mengenai informasi yang ada, segeralah berkonsultasi kepada dokter hewan.



 

anekaKucing ♣ ♣ ♣ Mamanunes Templates ♣ ♣ ♣ Inspiration: Templates Ipietoon
Ilustration: Gatinhos - tubes by Jazzel (Site desativado)