Jenis- Jenis Ras Kucing di Dunia


1. Abyssinian
Bila anda bertanya, adakah kucing yang suka akan air? Abyssinian lah jawabannya. Kucing ini sangat aktif, ramah, kuat, lincah, telihat lebih menawan bahkan Absyssinian dapat menjadi perenang yang baik. Abyssinian memiliki rambut pendek , tebal dan lembut. Bisa dikatakan ras kucing Abyssinian memiliki IQ yang tinggi, kucing ini sangat cerdas. suatu joke menyatakan kucing ini bahkan
dapat melatih majikan mereka bukan sebaliknya. Sayangnya, ras kucing ini sangat sulit dikembangkan.


2.British Shorthair
 
Ras British Shorthair merupakan kucing keturunan yang dibawa ke Britain oleh Roma kemudian di silangkan dengan kucing liar asli. Kemudian hasil persilangannya disilangkan kembali dengan ras Persia untuk meningkatkan ketebalan mantel rambutnya. British Shorthair adalah kucing sangat kuat, orang mendeskripsikan bentuk tubuh ras kucing ini berbentuk "persegi". Mereka Memiliki karakter yang stabil dan termasuk kucing indoor (rumahan).




3. Burma
Ras Burma dikelompokan dalam dua kategori Burma Inggris dan Burma Amerika, keduanya memiliki tingkat kekerabatan yang dekat. Ras kucing ini sangat tertarik terhadap aktivitas manusia terlebih lagi saat diajak bermain, menyenangkan.



4. Scottish Fold

Ras dari kucing dengan gen dominan yang mengalami mutasi mengakibatkan tulang rawan telinganya melipat. Telinga ras kucing ini terlihat membungkuk ke depan dan ke bawah ke arah depan kepala mereka sehingga kucing sering digambarkan seperti " burung hantu.





5. Manx
Jenis kucing yang secara alami telah mengalami mutasi pada tulang belakangnya. Mutasi ini menghasilkan ekor yang pendek, sehingga ras kucing Manx bisa dilahirkan dengan ukuran ekor yang berbeda, atau bahkan tidak ada ekornya sama sekali akibatnya memiliki panjang ekor yang lebih pendek dari normalnya. Meskipun demikian, Manx sangat atletis. Mempunyai kaki belakang yang kuat yang mampu menunjang untuk berlari cepat bahkan melompat tinggi. Bisa dikatakan ras kucing ini sangat setia pada majikannya sehingga susah berpindah majikan. Selain itu, ras kucing ini diketahui sering dicari oleh petani untuk membantu memburu hewan pengerat.


6. Russian Blue
Suatu tipe atau ras kucing yang memiliki mantel rambut berwarna biru-perak.
Memiliki mantel rambut terlihat indah, dan meskipun pendek sehingga tidak memerlukan perawatan yang rutin. Postur kucing ini lentur dan atletis, berukuran sedang, dengan telinga besar dan mata biasanya berwarna emas-hijau. Kucing ini dikenal sangat cerdas dan lucu tapi cenderung pemalu di sekitar orang-orang asing. Ras kucing ini memiliki rasa suka penasaran, menyenangkan dan setia, agak pemalu terhadap orang-orang asing sekitarnya atau dalam lingkungan asing.



7. Snow shoe

Ras Snowshoe adalah ras kucing yang jarang dan relatif baru berasal dari amerika
serikat. Ras hasil persilangan siam dan amerika Shorthair ini memiliki karakteristik yang unik, yang menarik adalah keempat kaki ras kucing ini terlihat seperti kucing yang sedang memakai sepatu salju yang berwarna putih selain itu muka kucing ini terlihat seperti memakai topeng. Snow shoe tidak takut air dan dapat berenang pada suatu kesempatan. Meskipun sangat aktif, ras kucing ini tidak gelisah dan sering berada pada tempat yang tinggi.



8. Korat
Ras kucing ini
berasal dari Thailand, provinsi Nakhon Ratchasima (Korat, sebutan orang Thailand), dihormati sebagai pembawa keberuntungan bagi penduduk lokal. Memiliki mantel rambut tidak panjang, aktif lincah dan suka berinteraksi dengan manusia.



9. Sphynx
Ras Sphynx sekilas tampak seperti kucing tak berbulu, tetapi tidak benar-benar tak berbulu. Tekstur kulit menyerupai kulit Chamois, dilindungi dengan sangat pendek, rambut halus, tidak seperti buah persik.Sphynx umumnya memiliki kepala berbentuk baji dan kokoh, tubuh yang berat . Dikenal dengan sebutan perut bulat penuh, juga dikenal sebagai "pot bellies" .



10. Australian Mist
Ras Australian Mist (sebelumnya dikenal sebagai Spotted Mist) adalah ras yang dikembangkan di Australia. Ras ini dikembangkan dengan menyilangkan kucing ras Busma, ethiopia dan ras kucing Domestik Shorthair.Diharapkan diperolehnya ras kucing shorthaire dengan mantel rambut spot-spot. Perubahan nama dari 'Spotted Mist' menjadi 'Mist Australia' terjadi pada tahun 1998. Pola mantel rambut terdiri dari memiliki tiga corak warna(1) warna dasar: lebih pucat dari pola; (2) warna pola: lembut meskipun berbeda dari warna dasar; (3) Tampak seperti memakai kerudung, disebabkan dengan adanya pencampuran area acak dari masing-masing pola. Kaki dan ekor memiliki pola cincin dan wajah serta leher juga memiliki corak garis-garis halus.




11. Exotic Shorthair
Ras kucing ini pada dasarnya merupakan ras kucing Persia. Memiliki mantel rambut yang lebih pendek bila dibandingkan dengan nenek moyangnya sendiri Persia. Sehingga jauh lebih mudah perawatan mantel ras kucing Persia. Selain itu, tidak mengherankan bila kucing ras ini mewarisi sifat dari Ras kucing Persia. Karakter kucing ini tubuh kompak bulat yang dibangun dengan tubuh kuat, mata bulat besar, hidung pesek pendek, ekspresi wajah manis, dan telinga kecil memberikan kesan cute.





12. Cornish Rex
Ras kucing domestik. Cornish Rex tidak memiliki rambut kecuali bagian bawah. Kebanyakan kucing memiliki tiga jenis mantel rambut mereka (1) bulu luar atau rambut pelidung sekitar 5 cm(shorthairs),(2) lapisan menengah disebut" rambut awn sekitar 10cm (longhairs);dan (3)l apisan bawah sangat baik dan sekitar 1 cm. Cornish Rexes hanya memiliki Rambut bawah. Rambut Cornish Rex kriting yang disebabkan oleh mutasi gen dibandingkan dengan Rex Devon.





13. Devon Rex
Kucing ras yang muncul pada 1960-an di Inggris.Dikenal karena penampilan mereka aneh, mencolok dan lucu, sifat ramah. Devon Rex merupakan kucing ras yang memiliki kesamaan dengan Cornish Rex. Tidak seperti kebanyakan kumis kucing, kumis Devon Rex sangat pendek dan sering meringkuk atau mengkeriting sedemikian rupaseolah-olah Devon Rex tidak memiliki kumis. Devon Rexmemiliki tubuh panjang, kaki kokoh sangat cocok untuk lompatan jauh, dan jari kaki mereka luar biasa besar.




14. Siam  
Ras Siam merupakan ras dengan asal keturunanya kurang diketahui tetapi diyakinia berasal dari asia tenggara dan dikatakan turun dari Kuil Suci (Thailand). Karakteristik ras kucing ini elegan, ramping, bergaya, fleksibel dan tubuh berotot. Kepala berbentuk segitiga, dengan moncong tipis, Mata berbentuk seperti almond dan miring, telinga besar dan tipis, memiliki leher , tubuh dan ekor yang panjang. Rambut pendek, mengkilap, halus, lembut.





15. Singapura
merupakan salah satu ras kucing yang terkecil, terkenal karena mata dan telinga yang besar, mantel Rambut cokelat dan ekor ramping sedikit lebih pendek dari panjang tubuh dan ujungnya tumpul. Karateritik selalu aktif, penasaran dan lucu, selalu inginan berinteraksi dengan manusia. Selain itu, ras ini memiliki kecenderungan untuk bertengger di tempat-tempat yang tinggi, agar mereka dapat melihat lebih keadaaan di sekitarnya.






16. Tonkinese
Ras kucing ukuran menengah merupakan keturunan Siam dan Burma. Dengan karakter aktif, ramah, sering berinteraksi, dengan kepribadian suka hidup berkelompok. Jangan takut jika Anda Tonkinese melompat di bahu Anda, karena merupakan ras yang menyukai ketinggian. Ras ini memiliki karakter lebih mirip Burma sedangkan temperamen dari Siam. Suara mereka juga kurang tajam seperti halnnya Siam, tetapi Tonkinese lebih dikenal dengan sebutan Tonks kebanyakan merupakan ras kucing yang dapat berinteraksi dengan baik dengan sekitarnya.



17. Burmilla
Burmilla adalah jenis kucing domestik yang berasal dari Britania Raya pada tahun 1981. Merupakan hasil persilangan antara Persia Chinchilla dan Burma. Mulai diproduksis pada tahun 1984 dan ras kucing ini memperoleh status kejuaraan di Britania Raya pada 1990-an. Burmilla bisa memiliki berbagai warna: biru, sampanye, coklat, cream, ungu, platinum hitam dan merah. Ras ini juga bisa memiliki corak seperti kura-kura, dengan warna termasuk hitam, biru,coklat coklat dan ungu.



18. Egyptian Mau
Epyptian Mau merupakan ras kucing Shorthair berukuran kecil-menengah berambut pendek, juga dikenal sebagai tuhan di atas segala kucing. Kucing ini adalah ras yang secara alaminya sebagai kucing peliharaan. Dicirikan dengan adanya bintik-bintik pada tidak hanya di mantel, sebuah bercukur Mau memiliki bintik-bintik pada kulitnya. Tidak seperti kucing lainnya seperti Ocicat atau kucing Bengal , yang ras kucing ini adalah Ras alami. Breeds lainnya dihasilkan dari outcross ras domestik atau, kucing Bengal ,Persilangan antara ras kucing domestik dengan kucing liar.

19. Bengal
Relatif merupakan ras kucing baru hasil hibrid antara Asia Kucing Leopard dan kucing domestik - terutama Maus Mesir , American Shorthair , Abyssinian , Ocicat, dan kucing shorthaired dalam negeri, serta Bengal jantan generasi selanjutnya. Kucing Bengal telah "liar-mencari" memilik ciri atau tanda-tanda corak , seperti bintik-bintik besar, seperti mawar, dan putih, dan struktur tubuh dari Asian Leopard Cat (Prionailurus bengalensis bengalensis). Kucing Bengal memiliki penampilan seperti ras kucing liar tetapi berkarakter temperamen lembut seperti kucing domestik .Nama kucing Bengal berasal dari nama taksonomi dari Asian Leopard Cat (P. b. bengalensis), dan tidak ada hubungan harimau Bengal.



20. Japanese Bobtail
Ras kucing yang tidak biasakarena terkenal akan erkornya 'bob', ekornya lebih `menyerupai ekor kelinci. Bobtail adalah hasil mutasi genetik yang disebabkan oleh ekspresi dari gen resesif. Dengan demikian, bila kedua induk memiliki bobtails, bisa dikatakan semua anak kucing akan lahir memiliki bobtails juga. Ras Japanense bobtail adalah kucing asli domestik kecil untuk are Jepang dan Asia tenggara, meskipun sekarang ditemukan di seluruh dunia. Ras ini telah dikenal di Jepang selama berabad-abad, dan ada banyak cerita, serta potongan seni kuno, yang berada di masyarakat jepang. Pola putih tebal dan pola mencolok, merah dan hitam adalah warna pilihan untuk kucing meskipun warna solid bisa saja terjadi ras kucing ini terlihat atletis.



21. Ocicat
Sebagai ras kucing domestic tetapi yang menyerupai terlihat liar tetapi meskipun tidak memiliki darah liar dan memiliki tempramen seperti kucing domestik. Spesies ini sebenarnya merupakan campuran dari Siam dan Absyssinian, dan kemudian Shorthairs Amerika (tabbies perak) yang ditambahkan untuk mencampur dan memberikan jenis warna perak mereka, dengan struktur tulang dan tanda-tanda lain yang berbeda. Kebanyakan ras kucing ini mudah untuk dilatihl, dapat berjalan pada tali, datang saat dipanggil, duduk, berbaring bila di perintah dan hampir semua trik yang dapat dilakukan oleh anjing.




22. Oriental Shorthair
Oriental Shorthair merupakan ras kucing yang mengabungkan Ras Siam dengan keragaman corak warna dan pola.
Oriental Shorthairs cerdas, makhluk sosial yang ikatan erat dengan orang-orang mereka.Ras ini sulalu ingin tahu, ramah, emosional, menuntut dan suara yang lembut, mendengkur sangat keras ketika bahagia. Ras kucing ini dapat ditemukan dalam warna dasar (putih, merah, krem, hitam, biru, cokelat, lavender, kayu manis, atau coklat kekuningan), terdapat lebih dari 300 warna dan pola kombinasi yang mungkin





23. Himalaya
Ras kucing Himalaya merupakan ras kucing hasil persilangan antara ras kucing Siam
dengan Persia sehingga diharapkan menghasilkan peranakan dengan tipe tubuh Persia tetapi pola warna rambut kucing Siam. Di Eropa mereka disebut sebagai Colourpoint Persia.






24. Chinchilla
Ras kucing chinchilla memiliki kekerabatan dengan kucing Persia. Chinchilla dikenal sebagai "silver cat", mungkin disebabkan ras kucing ini memiliki mantel rambut berwarna putih. Bekepribadian lembut, sifat pendiam, sangat tenang dan senang berbaring.








25. Persian
Kucing berambut panjang ditandai dengan wajah bulat dan moncong pendek. Salah satu tertua kucing ras, ini mendapatkan namanya dari tempat asalnya Iran, Persia. Sebagai kucing yang paling dikenal dan memiliki rambut tebal, mata besar, dan berkaki pendek tapi tubuh yang kokoh. Sehingga kucing ras ini mendapatkan martabat sebagai kucing yang bergerak lambat yang membuat kucing ras ini bertabiat tenang.




26. Norwegian Forest Cat
Ras kucing domestik asli Eropa utara, dan disesuaikan dengan iklim yang sangat dingin. Di Norwegia ras ini dikenal sebagai skogkatter atau lebih baik, skaukatt Norsk (harfiahnya: Norwegia Forest Cat). Ras kucing ini memiliki lapisaan coat doubel dan tebal. Daerah telinga dan diantara kaki memiliki rambut tebal, serta rambut ekor yang panjang dan tebal sehingga sangat berguna melindungi merek adari suasana dingin.



27. Tiffanie
Ras kucing Semi-long hair yang merupakan ras kucing mirip dengan ras kuing asia Shorthair kecuali yang memiliki rambut Semi-long hair bukan short-hair. Kucing ini biasanya dikenal dengan nama Tiffanie. They are recognised in any of the Asian Shorthair or Burmese colors and patterns. Diakui sebagai salah satu Asia Shorthair atau warna dan pola dari ras Burma. Like the Asian Shorthair, the breed was developed in Britain , and is not currently recognised by any US Registries. Seperti ras Asia Shorthair, breed ini dikembangkan di Britania. Ras Tiffany memiliki kepribadian yang terlalu aktif, setiaramah, sedikit waspada terhadap sekitarnya.



28. Siberian
Ras kucing domestik dari rusia, ras kucing ini memiliki kesamaan terhadap ras kucing jenis Maine Coon dan Norwegian Forest Cat, merupakan ras kucing alami dan ras kucing nasional Rusia. Siberia ini mirip anjing, kucing setia yang akan datang menyambut Anda dengan mendengkur unik dari mereka. Ras kucing ini tampaknya terpesona dengan air dan cenderung suka menjatuhkan mainan di dalamnya.Ras kucing ini ramah, energik dan cerdas.




29. Birman 
Ras kucing domestik, dikenal sebagai "kucing suci Birma" yang merupakan jenis yang terpisah dan berbeda. Birman memiliki tubuh berwarna pucat dengan titik gelap dan mata biru tua. Birmans memiliki rambut semi-panjang, halus, badan semi-pendek dan telinga relatif kecil dibandingkan dengan ras kucing lainnya. Birman memiliki mata berwarna sapphire. ras kucing ini merupakan salah satu keturunan beberapa ras kucing dalam colourpoint dari mantel berwarna putih pada kaki depan dan belakang.




30. Somalia
Somalia adalah salah satu ras kucing yang senang dimanja. Ras kucing ini lebih suka berada di pangkuan anda dan sangat suka dibelai. Ras kucing Abyssinians dan Ras Somalia memiliki kepribadian yang sama (aktif, cerdas, ceria, ingin tahu) dan penampilan. Satu-satunya perbedaan antara mereka adalah bulu panjang dan karenanya memerlukan perawatan yang rutin.




31. Ragdoll
Ras ini merupakan hasil persilangan dari ras kucing Persia, Burma dan Birman
, awalnya dikembangkan pada tahun 1960 di California. Ras Ragdoll terkenal akan kecerdasannya dan setia. Karakteristik mirip dengan anak anjing, mudah belajar, suka bermain, akan datang jika dipanggil dan manja.



32. Maine Coon

Ras Ini adalah salah satu keturunan alami tertua di Amerika Utara, khususnya pribumi untuk negara bagian maine, dahulu sering dikembangbiakkan untuk memburu tikus di peternakan, tapi sekarang biasanya menjadi kucing rumahan sebagai teman yang setia. Ras kucing ini sangat aktif dan agak baik, sebenarnya ras kucing ini terlihat mirip rakun karena warna mantel rambutnya dan ekornya yang panjang serta lebat.









33. Turki Anggora
Sebagai ras kucing domestik, berasal dari daerah Angkara, Turki. Angora turki diturunkan dari kucing liar Afrika. Memiliki kekerabatan yang dekat dengan kucing ras Persia selain itu masih memiliki kekerabatan dengan ras kucing Turkish Van.






34. Turkish Van
Cukup mirip dengan Angora Turki yang dibedakan terutama oleh "van" tanda di kepala dan ekor. Ras kucing ini biasanya memiliki mantel rambut berwarna putih, berambut agak panjang. Ras kucing ini selalu memiliki rasa ingin tahu dan jiwa sosial yang tinggi.






35. Balinese
Meskipun tidak terlalu tepat nama dan asal usulnya, fakta bahwa kucing ini bukan berasal dari Bali-indonesia, tidak ada keraguan bahwa Balinese adalah ras dinyatakan luar biasa. Sebenarnya, ras Balinese adalah keturunan ras kucing Siam dengan rambut panjang. Lama hidup ras kucing Bali antara 18-21 tahun lamanya. Menurut "Encyclopedia of Cat Breeds" oleh J. Anne Helgren 1997 Barron's Educational Series Inc, skala penilaian pada kecerdasan dan sifat-sifat lainnyz. Siam dan ras Bali adalah menempati peringkat 9-10 tertinggi dengan nilai skala 1 sampai 10 . KUcing ras Bali memiliki nilai tertinggi dalam tingkat intelijensi dari semua keturunanras kucing berambut panjang sedagkan ras lainnya
seperti Persia peringkat 6 dan Himalaya peringkat 7.

36. Domestik

3 komentar:

anissa on 7 Februari 2011 17.24 mengatakan...

bisa tau gak untuk beli kucing" jenis import ini dimana?
aku tertarik mau beli Russianblue cats atau Snowshoe cat, atau Siamese cat, atau Abyssinian cat, tapi gak tau tempat beli kucing yang lengkap dimana?? ada info gak terima kasih
mungkin bisa diinformasikan lewat e-mail ku di anissa.febrina@gmail.com trima kasih

Fathiya mengatakan...

kira-kira tempat yang asik buat beli kucing ras yang lengkap dimana ya? kalo ada ke fathiya_rahmani@yahoo.com (please secepatnya)

admin on 12 Maret 2011 23.09 mengatakan...

admin : Sorry, dah lama ga buka blog. maaf Untuk yang tertarik buat membeli kucing ras-ras tertentu ada di petshop mana, sampai saat ini saya belum bisa memberikan informasinya. tapi seandainya nanti ada saya akan memberikan informasi ke alam yang dituju. tapi sekedar informasi, memang ras-ras kucing seperti Russianblue cats atau Snowshoe cat, atau Siamese cat, atau Abyssinian cat di indonesia masing sangat jarang yang memelihara. dari bebrepa pet shop yang pernah saya kunjungi, kebanyakan petshop tersebut menjual kucing ras persian dan ras anggora. jika pun ada yang memelihara ras tersebut kemungkinan besar, pemiliknya mengimport sendiri atau membawa sendiri dari asalnya yang memakan banyak waktu dan proses seperti melalui karantina hewan di pelabuhan dan di bandara2.tetapi coba aja tanyakan kepada pemilik petshop apakah bisa menyediakan ras-ras yang anda inginkan.

Poskan Komentar

Jangan lupa commentnya, tapi no spam

Subscribe via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Please Note:

Artikel disitus ini hanyalah ditulis oleh mahasiswa coas kedokteran hewan dan belum ditulis oleh seorang dokter hewan dan tidak boleh dianggap sebagai acuan pengganti untuk tidak berkunjung ke dokter hewan. Atikel yang disediakan hanyalah bersifat informatif.

Selalu biasakan berkonsultasi mengenai masalah kesehatan hewan kesayangan anda pada dokter hewan kepercayaan anda. Tidak ada jaminan terhadap keakuratan dan kesembuhan terhadap saran pengobatan yang dituliskan dalam artikel ini. Jika terdapat keraguan mengenai informasi yang ada, segeralah berkonsultasi kepada dokter hewan.



 

anekaKucing ♣ ♣ ♣ Mamanunes Templates ♣ ♣ ♣ Inspiration: Templates Ipietoon
Ilustration: Gatinhos - tubes by Jazzel (Site desativado)