Kasus Ear Mite Sering Pada Kucing



Ear mites  disebabkan oleh ektoparasit Otodectes cynotis, kejadian ear mite merupakan masalah kesehatan yang umum terjadi pada kucing akibat manjemen pemeliharaan  yang tidak baik seperti kebersihan kucing yang kurang terjaga.
Tungau telinga yang lebih dikenal sebagai Ear mite umumnya meyerang anak kucing meskipun pada semua umur bisa terkena. Kasus induk kucing yang terinfeksi Ear Mite secara langsung dapat menulari ke anaknya melalui kontak secara langsung.

Adapun gejala-gejala yang mungkin terlihat bila kucing kesayangan anda menderita ear mite :
  • Rasa gatal  yang intens, Rasa gatal timbul sekitar telinga, kepala dan leher sering ditandai kucing menggaruk bagian telinga dan kepala sering digelengkan bahkan terkadang menyeluruh .  
  • Telinga bagian dalam kucing terdapat kotoran berwarna coklat tua seperti warna kopi dan berbau busuk
  • Selain itu,tungau Otodectes cynotis dapat menyebabkan suatu reaksi hipersensitifitas akibat adanya iritasi pada telinga luar dari kucing. Kejadian Ear mite dapat menyebabkan terjadinya infeksi sekunder bila tak ditangani secara serius.
Secara mikroskopis  tungau Ear mite akan terlihat seperti gambar dibawah ini :

Obatilah kucing kesayangan anda sebelum benar-benar terinfeksi Ear mite. Pengobatan bisa dilakukan sesaat gejala kucing secara umum menunjukkan kucing tersebut terkena Ear mite. Sebelum kucing benar-benar positif setelah pemeriksaan mikroskopis.

Secara umum, dalam pengobatan Ear mite bisa dilakukan dengan pemberian obat topikal setelah telinga dibersihkan, sistemik ataupun gabungan kedua cara treatment tersebut tentunya bergantung tingkat keparahan penyakit. Beberapa obat yang umum  digunakan adalah Nolvamite, Mitaclear, dan Tresaderm. Ivermectin diberikan subkutan atau bisa diaplikasikan topikal dengan tetes telinga. Selamectin (Revolusi) juga kadang-kadang digunakan untuk tungau telinga. Bila terjadi infeksi sekunder, bisa diberikan antibiotik, untuk meningkatkan nafsu makan kucing kesayangan anda dapat juga diiberikan vitamin.
 
Penting untuk diperhatikan bahwa selama pengobatan, tungau penyebab Ear mite dapat berpindah atau migrasi tempat tinggal mengakibatkan timbul rasa gatal. Disarankan kepada pemilik untuk  memberikan flea spray.

Tips :
  • Pisahkan kucing yang menderita Ear mite guna menghindari terjadinya penularan bagi hewan lainnya
  • Potong kuku kucing untuk meminimalkan terjadinya cedera saat kucing menggaruk.
  • Perhatikan bagian ekor hewan apakah terdapat tungau penyebab Ear mite saat kucing bermigrasi pada bagian ekor kucing kesayangan anda untuk menghindari terjadi infeksi kembali.


Sumber Gambar :http:// www. foursoftpaws.yuku.com
                          http:// www.ento.csiro.au

0 komentar:

Poskan Komentar

Jangan lupa commentnya, tapi no spam

Subscribe via Email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Please Note:

Artikel disitus ini hanyalah ditulis oleh mahasiswa coas kedokteran hewan dan belum ditulis oleh seorang dokter hewan dan tidak boleh dianggap sebagai acuan pengganti untuk tidak berkunjung ke dokter hewan. Atikel yang disediakan hanyalah bersifat informatif.

Selalu biasakan berkonsultasi mengenai masalah kesehatan hewan kesayangan anda pada dokter hewan kepercayaan anda. Tidak ada jaminan terhadap keakuratan dan kesembuhan terhadap saran pengobatan yang dituliskan dalam artikel ini. Jika terdapat keraguan mengenai informasi yang ada, segeralah berkonsultasi kepada dokter hewan.



 

anekaKucing ♣ ♣ ♣ Mamanunes Templates ♣ ♣ ♣ Inspiration: Templates Ipietoon
Ilustration: Gatinhos - tubes by Jazzel (Site desativado)